108MP. Bisa jadi, resolusi sebesar itu akan kita dapatkan pada sebuah kamera ponsel tahun depan. Prediksi tersebut dilontarkan oleh salah seorang tipster atas nama Ice Universe. Ia menulisnya melalui akun Twitter miliknya.

“Omong-omong, tahun depan kamu akan melihat ini di ponsel kamu: kamera 10x optical zoom dan kamera 108MP,” tulisnya.

Angka 108MP tentu terlihat sangat besar untuk sekarang. Terlebih, itu hanya ujaran dari seorang tipster. Soal itu, kalau kamu belum puas karena hal tersebut, maka prediksi dari Qualcomm dan Credit Suisse mungkin bisa memberikan perbedaan.

Mari kita mulai dari Qualcomm. Senior Director of Product Management Qualcomm, Judd Heape, sempat mengungkapkan ponsel dengan resolusi kamera 64 MP hingga lebih dari 100MP akan hadir akhir tahun ini.

Lebih lanjut, sejumlah chipset besutan Qualcomm, Snapdragon, yang saat ini tersedia di pasaran diklaim mampu mendukung resolusi kamera hingga 192 MP. Prosesor yang dimaksud adalah seri 660, 670, 675, 710, 845, dan 855. Mengingat hal tersebut diungkapkan Maret lalu, maka seri 855 Plus yang baru dirilis harusnya masuk ke dalam hitungan.

Kemudian, Credit Suisse, perbankan asal Swiss, juga memprediksi kelahiran ponsel berkamera 108MP tahun depan, sama halnya dengan Ice Universe, dan kemunculan smartphone dengan resolusi kamera 64MP pada Semester II 2019. Hal tersebut diungkapkannya dalam laporan yang diterbitkan 13 Maret lalu.

Tren yang Mendukung

Melihat tren di industri ponsel sekarang, prediksi dari Ice Universe, Qualcomm, dan Credit Suisse tersebut bisa jadi bukan isapan jempol semata. Setelahnya, sangat mungkin jika kamera resolusi 64MP dan 108MP akan menjadi hal yang biasa.

Saat ini, selain usaha dalam mencari alternatif notch, atau menghilangkannya sama sekali dari layar, sejumlah vendor smartphone juga terlibat perlombaan dalam hal resolusi kamera. Sampai saat ini, resolusi terbesar pada sebuah ponsel adalah 48MP.

Perusahaan asal China jadi sejumlah aktor yang berperan besar dalam persaingan ini. Huawei, Honor, Xiaomi, Redmi, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Nubia masing-masing sudah memiliki ponsel dengan kamera 48MP. Di luar itu vendor dari Negeri Tirai Bambu, paling tidak ada Asus lewat Zenfone 6 dan Samsung melalui Galaxy A80.

Lebih lanjut, tahun ini, bisa jadi kita sudah bisa menyaksikan kelahiran ponsel dengan kamera 64MP. Kemungkinan ini muncul setelah Samsung mengumumkan kelahiran ISOCELL Bright GW1 yang merupakan sensor gambar 64MP.

Setelahnya, Redmi dikabarkan tengah menggarap ponsel dengan kamera 64MP menggunakan sensor dari Samsung itu. Lalu, ada Realme yang sempat memamerkan hasil foto dari perangkat yang diklaim memiliki kamera dengan kualitas 64MP, dan dipastikan meluncur Kuartal IV 2019.

Jika persaingan tampak nyata soal resolusi kamera, bagaimana dengan kemampuan zoom pada ponsel? Untuk yang satu ini, kompetisi lebih mengerucut. Tahun ini, “kamera periskop” sudah muncul di dalam perangkat smartphone seperti Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x zoom.

Soal vendor mana yang bakal merilis ponsel dengan kemampuan serupa, Samsung jadi satu nama yang naik ke permukaan. Perusahaan asal Korea Selatan sempat dikabarkan telah berhasil membuat modul kamera baru yang punya kemampuan zoom optic 5x. Modul ini sudah mulai diproduksi massal dan rumornya akan hadir di Galaxy Note 10.

Selain itu, Xiaomi juga disebut mengarahkan pandangan ke fitur serupa. Ia sempat dikabarkan telah mendaftarkan paten yang menyebutkan kemampuannya dalam memadukan kamera utama dengan paling tidak satu tambahan lensa periskop yang akan ditempatkan tegak lurus dari lensa utama.

Disebutkan juga bahwa smartphone buatan Xiaomi itu akan memiliki panjang fokus yang kurang lebih sama dengan ponsel milik Huawei dan Oppo. Sekadar informasi, saat ini Huawei dan Oppo memiliki jangkauan focal length, secara berurutan, sampai 125mm dan 135mm pada perangkatnya masing-masing. Mi Mix 4 diprediksi bakal menjadi perangkat yang ditanami fitur tersebut.

Melihat banyaknya prediksi serupa yang beredar, serta tren yang ada saat ini, jalur menuju ponsel dengan kamera 108MP dan smartphone yang memiliki 10x optical zoom mungkin bisa dibilang cukup terbuka. Menarik ditunggu bagaimana industri ponsel memberikan inovasi lanjutannya pada tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *