Setiap orang punya rutinitas pagi yang berbeda. Beberapa orang memilih untuk langsung sarapan tapi banyak pula yang harus mandi dulu sebelum memulai aktivitas. Sejumlah orang suka menonton televisi, ada juga yang membaca koran. Semuanya memang tergantung kebiasaan dan kenyamanan. Apapun rutinitas Anda, jika bisa hindari tujuh kesalahan bangun pagi yang bisa merusak hari berikut.

  1. Pencet ‘Snooze’
    Kebanyakan orang mengandalkan alarm di handphone untuk membangunkan mereka. Sebaiknya sesaat setelah alarm bunyi jangan memencet ‘snooze’ atau menunda bangun meski hanya lima sampai 10 menit. Dikatakan jika hal tersebut justru akan membuat Anda merasa pusing dari pada segar. Karenanya, atur jam alarm sesuai dengan kebutuhan.
  2. Malas-malasan
    Beberapa orang memilih untuk bermalas-malasan di kasur ketika belum waktunya untuk bersiap atau bangun. Menurut psikolog Harvard Amy Cuddy, ada hal yang bisa dilakukan dari pada terus tinggal di kasur yakni pemanasan. Memanaskan dan merenggangkan otot setelah bangun tidur dapat membuat hari lebih bahagia. Sedangkan orang yang bermalas-malas setelah bangun bisa merasa lebih stres.
  3. Ngecek Email
    Sejak ada ponsel pintar, sulit untuk mengabaikan notifikasi yang masuk. Karenanya, banyak orang yang langsung mengecek email atau pesan sesaat setelah bangun pagi. Namun hal ini tidak seharusnya dilakukan. Selain bisa membuat otak kelelahan sebelum bekerja, kebiasaan itu juga dapat membuat tidak fokus sehingga persiapan tertunda dan Anda jadi terlambat.
  4. Nggak Beresin Kamar
    Anda mungkin sering terburu-buru ketika pagi dan jadi tak pernah merapikan kamar. Padahal selain membuat suasana terlihat lebih rapi, membereskan tempat tidur dapat meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Sepertinya membereskan tempat tidur bisa memicu orang untuk jadi lebih rajin.
  5. Minum Kopi
    Untuk lebih segar dan tidak ngantuk, banyak orang memulai hari dengen meminum kopi. Bahkan beberapa orang mengaku tidak bisa berfungsi tanpa kopi di pagi hari. Tapi sebaiknya jangan mengonsumsi kopi sebelum pukul 09:30. Minum kopi terlalu pagi dapat membuat tubuh memproduksi lebih sedikit kortisol yang nantinya menjadikan Anda merasa cemas dan takut.
  6. Siap-siap dalam Gelap
    Saat bersiap-siap di kamar atau kamar mandi, jangan biarkan ruangan gelap. Dengan begitu, tubuh akan berpikir bahwa hari masih malam. Anda pun bisa merasa ngantuk bahkan pusing sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *